September 11, 2007

Ramah tamah

Katanya orang Indonesia itu terkenal ramah tamah...murah senyum...itu dulu mungkin ya..
Sekarang masih gak ya?

Rasanya masih ya....

Cuma kalau saya amati...kok sepertinya ada sebagian ke-ramah tamah-an kita yang mulai pupus ya. Bahkan mungkin termasuk saya juga nih...udah mulai luntur..

Contohnya....keluarga saya masih ada nih tradisi arisan keluarga....tentunya kebiasaan ini udah berlangsung puluhan tahun mulai dari saya masih kecil banget..SD sampe setua sekarang ini... Nah ...salah satu kebiasaan yang mama saya lakukan adalah setiap kali berkunjung ke tempat arisan, pasti sehari sebelumnya mama saya udah repot belanja dll. untuk masak makanan yang akan dibawa besok ke rumah yg dituju. Sebenarnya membawa 'hantaran' ini gak wajib sih, toh yang ketempatan khan harusnya udah nyiapin makanan juga khan. jadi ya..suka rela aja sifatnya. Cuma kebiasaan ini sopan santun yang buat ukuran jaman sekarang ini terkesan 'basi' alias ngerepotin.

Ternyata, kalau dipikir-pikir, jangan kan untuk bawa ke rumah saudara, kebiasaan menjamu tamu aja rasanya sekarang makin jarang ya...? Enggak tahu deh teman2 lain...kalau saya kok rasanya jarang.................................banget nerima tamu dirumah. Kalaupun tetannga dateng, paling mampir sesuai keperluan itupun enggak masuk cuma di pager or teras. Sementara kalau lebaran...kita lebih banyak berkunjung ya...hm....

Gak heran deh...seringkali kalau pas ada tamu jadi enggak otomatis tuh nyuguh-in buat tamu...pernah keasyikan ngobrol...sampai hampir lupa nawarin minum. Untung tamunya saudara sendiri jadi gak basa basi mintanya. Nah anak2 ku juga gak biasa tuh menerima or menghadapi situasi tamu yang bukan saudara sendiri. Sampe-sampe pembantu pun kalau gak disuruh ya udah...manteng aja didapur gak inisiatif. Wah padahal kalau dulu pembantu ibuku pasti dah otomatis tuh buatin minuman.

Jadi, sebenarnya bangsa kita ini bangsa yang ramah gak sih?

Tidak ada komentar: